Kegiatan Donor Darah

By IT SMANSI 19 Jul 2018, 11:31:40 WIB Kegiatan Sekolah
Kegiatan Donor Darah

Donor darah di SMANSI merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh ekstrakurikuler PMR SMANSI yang telah menjadi proker (Program Kerja) tahunan yang selalu ada dan hukumnya wajib untuk diadakan oleh PMR SMANSI. Acara tersebut dilaksanakan di aula SMA Negeri 1 Sidayu. Biasanya dimulai dari pukul 07.00 WIB yang dipanitiai sendiri oleh anggota ekstrakurikuler PMR SMANSI.

Proses pelaksanaan donor darah dimulai dari panitia donor darah melakukan penyambutan anggota PMI di Aula serta melakukan pembukaan dan peresmian acara donor darah oleh kepala sekolah atau yang mewakilinya. Kegiatan ini dibagi menjadi 3 periode, yaitu periode pertama dilakukan untuk mendata seluruh kelas X. Seluruh siswa kelas X diberitahukan untuk segera datang ke aula melalui speaker yang ada di kelas-kelas. Di aula setiap siswa akan di beri formulir dari panitia untuk diisi dengan data yang benar dan akurat, apabila memenuhi syarat maka pendonor tersebut akan di periksa lebih lanjut oleh panitia yang berada di aula bagian belakang.

Dalam pemeriksaan tersebut, pendonor diperiksa tekanan darah dan berat badan. Tekanan darah yang bisa menjadi pendonor adalah 110 cmHg dan berat badan minimal 45 kg serta umur pendonor minimal 17 tahun ke atas. Apabila lolos dalam tes pemeriksaan tekanan darah dan berat badan, selanjutnya pendonor menjalani tes Hb (hemoglobin). Jika Hb pendonor tenggelam atau di atas 12 maka dapat dinyatakan lolos untuk donor darah. Namun, jika Hb pendonor melayang atau terapung atau di bawah 12 maka PMI menyatakan tidak lolos untuk mendonorkan darah. Pendonor yang lolos tes Hb, dites kembali untuk mengetahui golongan darahnya. Kemudian darah pendonor diambil. Pasca pengambilan darah, pendonor diberi konsumsi berupa kolak kacang hijau dan cendera mata berupa pin atau gantungan dari PMR SMANSI dan konsumsi dari PMI tersendiri.

Peserta donor darah juga berasal dari sekolah-sekolah lain seperti SMKN 1 Sidayu, MAN 1 Gresik, SMAM 4 Sidayu Peserta donor lainnya adalah guru-guru SMANSI.

Manfaat donor darah adalah mengurangi penyakit dan dapat menjadi gemuk. Donor darah tidak mempunyai efek samping. Namun, setelah melakukan donor darah, pendonor akan mengalami pusing-pusing tetapi hanya sesaat saja

 

Untuk mengembalikan kondisi tubuh pasca mendonor darah, pendonor disarankan memakan kolak kacang hijau dan susu yang diberikan oleh panitia karena kacang hijau berfungsi untuk menambah darah serta diberi suplemen dan biskuit dari PMI. Dalam proses pemulihan setelah pengambilan darah pendonor membutuhkan istirahat kurang lebih 10 menit.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment