Kegiatan ESQ

By IT SMANSI 19 Jul 2018, 12:28:03 WIB Kegiatan Sekolah
Kegiatan ESQ

Kegiatan ESQ di SMANSI merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh SMA Negeri 1 Sidayu. Acara ESQ dilaksanakan di masjid SMA Negeri 1 Sidayu. ESQ dimulai pukul 07.30 sampai pukul 12.00 WIB. Jam 07.00 semua siswa sudah datang di sekolah. Kemudian sebelum pukul 07.30 semua siswa diarahkan untuk pergi ke masjid guna mempersiapkan acara ESQ.

Acara ini diisi oleh ibu Riza Aqilah Silmy yang telah lama menggeluti dunia psikologi. Ibu Riza banyak menyampaikan tentang motivasi terhadap siswa SMA Negeri 1 Sidayu dengan memperlihatkan video-video motivasi dan mengajak siswa SMA Negeri 1 Sidayu untuk melakukan kegiatan kecil yang sebenarnya mengandung banyak makna didalamnya.

Setelah ibu Riza banyak menjelaskan tentang bagaimana motivasi diri, ibu Riza mengajak semua siswa melakukan riset untuk menghilangkan kepenatan. Kita semua disuruh mengambil satu batu kecil (kerikil) yang ujungnya lancip, kemudian menaruhnya didalam kaus kaki atau dibawah kaki (telapak kaki) masing-masing siswa. Kemudian kita semua menginjaknya dan merasakan betapa sakitnya walaupun itu hanya berupa batu kecil. Meskipun kaki kita yang merasa sakit tapi bibir dan mata kita ikut berbicara. Ketika salah satu dari bagian tubuh kita merasakan sakit secara spontan bibir mengungkapkannya dan mata kita menangis karena tak kuat menahan sakit. Lalu ibu Riza menjelaskan bahwa sekecil apapun masalah yang ada, sekecil apapun yang mengganjal dipikiran kita bisa mengganggu semua bagian-bagian yang ada dalam tubuh kita.

Setelah itu diselingi dengan video-video motivasi. Dimana ada seseorang yang cacat namun berkat semangatnya yang membara untuk tetap semangat dalam menjalani hidup, dia bisa sukses meraih impiannya. Setelah ada beberapa penjelasan dari ibu Riza ini, dia kembali mengajak kita melakukan riset. Ibu Riza telah menyediakan 2 buah apel. Yang pertama buah apel itu terlihat sangat menarik, kulitnya begitu mulus tapi ketika dibelah ternyata apel itu busuk. Dan apel yang satunya kurang menarik namun ketika dimakan terasa sangat enak dan segar. Begitu pulalah manusia, kita tidak bisa menentukan seseorang dari penampilannya melainkan dari sifat dan amal perbuatannya.

Dengan adanya ESQ ini sangat membantu karena dapat meningkatkan motivasi siswa. Siswa SMAN 1 Sidayu menjadi semangat dalam menjalani hidupnya serta semangat dalam meningkatkan belajarnya. Karena mereka telah mengetahui orang yang cacat saja bisa sukses berkat semangat bekerja kerasnya, mengapa kita semua tidak bisa?

Seharusnya kita malu dengan orang yang menyandang cacat namun semangatnya sangat besar sedangkan kita telah diberi kesempurnaan bentuk fisik namun kita tidak menggunakannya dengan baik, tidak memanfaatkannya dalam jalan yang menjadikan kita sukses.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment