Sosialisasi Dana BOS

By IT SMANSI 19 Jul 2018, 11:28:03 WIB Kegiatan Sekolah
Sosialisasi Dana BOS

Gresik – SMA Negeri 1 Sidayu mensosialisasikan peruntukkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) kepada ratusan wali murid. Sehingga para orang tua faham dan mengerti apa saja yang dibiayai dari dana BOS di sekolah. Tidak semua pembiayaan di sekolah dicover dana BOS kata Kepala SMA Negeri 1 Sidayu.

Sosialiasi dana hibah diberikan ke daerah untuk mensukseskan belajar dijenjang SMA ini dihadiri para wali murid, komite dan guru sekolah setempat.

Dalam sosialisasi yang berlangsung dengan waktu kurang lebih dua jam tersebut para wali murid diberikan penjelasan penggunaan dana BOS meliputi 13 item. Yakni sebagai pengembangan perpustakaan, kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru, kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler (ekskul), kegiatan ulangan dan ujian, pembelian bahan-bahan habis pakai, langganan daya dan jasa, perawatan sekolah, Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan honorer, pengembangan profesi guru, membantu siswa miskin, Pembiayaan pengelolaan BOS, pembelian perangkat computer dan Biaya lainnya.

Selama ini animo masyarakat dengan adanya dana BOS sekolah gratis tanpa partisipasi wali murid. Pembiayaan di sekolah tidak semua bisa dikaper dana BOS. Oleh sebab itu, dibutuhkan partisipasi wali murid untuk mendukung semua kegiatan di sekolah.

Dikatakan,pendanaan pendidikan tanggungjawab bersama masyarakat sesuai dengan UU nomor 20 tahun 2003. Disamping itu diperkuat dengan Perda nomor 4 tahun 2014 tentang pembiayaan dana pendidikan peran serta masyarakat dalam mendukung pembiayaan pendidikan. Sosialisasi dana BOS ini sangat perlu. Sehingga orangtua tahu apa saja penggunaan dari dana BOS.

Sekretaris Komite SMA Negeri 1 Sidayu menuturkan, pendampingan dana untuk menunjang kebutuhan sekolah untuk memenuhi kebutuhan standar pendidikan yang pada ujungnya meningkatkan mutu pendidikan. Menurutnyam, kegiatan ekskul dibutuhkan partisipasi wali murid untuk menambah sarana dan prasarana mencipatkan iklim pembelajaran yang nyaman.

Kata dia, pembelajaran di sekolah harus menyenangkan untuk memenuhi standar pendidikan nasional. Diakuinya, mutu pendidikan tidak akan meningkat tanpa adanya partisipasi dari wali murid dalam mendukung program di sekolah. Maka dari itu, guna mutu lulusa meningkat dan mencapai standar nasional pendidikan maka dibutuhkan peran wali murid. Partisipasi wali murid sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment