SMANSI TAMPIL MEMUKAU DALAM PAMERAN PENDIDIKAN EDU EXPO DI ICON MALL GRESIK

SMA Negeri 1 Sidayu ikut memeriahkan kegiatan pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik di Icon Mall Gresik selama 4 hari, yang dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai dengan 28 Agustus 2022. Dalam kegiatan ini siswa-siswi SMANSI menunjukkan kreativitas, potensi, bakat, dan kemampuannya yang diwujudkan dalam produk (hasil karya) proyek pelajar pancasila sebagai implementasi kurikulum merdeka.

Dokumentasi : Kunjungan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T.  dan Kacabdin Gresik, Bapak Kiswanto, M.Pd. di stand SMA Negeri 1 Sidayu.

Produk unggulan yang dipamerkan pada edu expo kali ini adalah hasil karya siswa-siswi Fase E (Kelas X) dari proyek pelajar pancasila dengan tema kewirausahaan. Di antaranya, aneka sambel seafood (ebi, teri, klotok, dan baby cumi), puding siwalan, stik duri ikan bandeng (stik durban), boring (bonggolan kering). Semua produk makanan tersebut  adalah makanan khas dari wilayah  pantura. Selain makanan, sekolah Smansi juga memperkenalkan aneka olahan produk alami untuk digunakan di industri perikanan, pertanian, kesehatan,  yaitu  boster ikan cupang yang berfungsi untuk mencerahkan dan memancarkan warna  sisik pada ikan cupang. Produk unggulan lain, yaitu eco enzym. Eco enzym adalah hasil fermentasi dari kulit buah dan sayur yang dapat digunakan untuk obat luar, seperti gatal, alergi, luka pada kulit, bahkan dapat juga digunakan sebagai herbisida.  Selain itu,  aneka kerajinan lampion dan souvenir dari bahan dasar limbah kerang juga dipamerkan.
Selain produk unggulan dari proyek pelajar pancasila, Smansi juga menyajikan demonstrasi yang menakjubkan, yaitu penerapan ilmu kimia pada kertas. Pertama, ditampilkan kertas putih seolah tanpa ada tulisan. Ketika Bapak Ir. Wahyudi datang ke stand SMA Negeri 1 Sidayu, kertas tersebut disemprot dengan senyawa kimia sehingga menampilkan tulisan selamat datang sebagai ucapan untuk menyambut beliau. Demonstrasi tersebut merupakan penerapan teori asam basa. Kedua, kertas ajaib. Kertas tersebut tidak bisa dibakar. Hal itu merupakan penerapan materi senyawa hidrokarbon. Dengan ini diharapkan siswa lebih mengetahui manfaat dan penerapan materi kimia yang sudah dipelajari.

Dokumentasi : Demonstrasi “kertas ajaib” oleh siswa kepada para pengunjung

Yang tak kalah menyedot perhatian pengunjung pameran adalah permainan teka teki silang. Dalam teka teki silang ini pertanyaannya dibuat berdasarkan materi per mata pelajaran. Pengunjung dapat memilih teka teki berdasarkan mata pelajaran yang disukai. Pengunjung yang mampu menjawab dengan benar dan lengkap akan mendapatkan souvenir sebagai kenang-kenangan dari SMA Negeri 1 Sidayu

Antusias para pengunjung pameran dalam menjawab teka teki silang berhadiah.

Pada saat pembukaan pameran pendidikan, yaitu Kamis, 25 Agustus 2022 SMA Negeri 1 Sidayu tampil memukau dan memikat para penonton dan pengunjung Icon Mall.  Siswa-siswi Smansi mengisi acara pembukaan tersebut dipandu oleh Rexy dan Azza sebagai MC. Pada kesempatan tersebut menyajikan tari Kembang Gadung yang ditampilkan oleh anak-anak dari ekstrakurikuler DGO. Selain itu, band Akustik dari ekstrakurikuler musik menyanyikan lagu-lagu kekinian, yaitu “Ojo Dibandingke”, “Tiara”, “Jadi Legenda”, dan “Cinta Luar Biasa”. Penampilan siswa siswi Smansi  mendapat sambutan yang sangat  luar biasa dan tepuk tangan yang sangat  meriah dari penonton sehingga menarik  perhatian pengunjung Icon mall. Pada akhir tampilan pentas seni Pak Wahid dan Pak Kiswanto ikut serta bernyanyi bersama dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Sidayu.

Dokumentasi : Penampilan siswa-siswi SMANSI dalam acara pembukaan pameran pendidikan dengan tarian “Kembang Gadung

Pameran Pendidikan ini diikuti sekolah SMA/SMA, PK-PLK Negeri dan Swasta se-Kabupaten Gresik. Kiswanto,  selaku Kepala Cabang Dinas Gresik dalam pidatonya menyebutkan ada 27 sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, termasuk  semua sekolah penggerak dan sekolah double track. Tema gelar karya siswa ini adalah mewujudkan pendidikan berkualitas, inklusi, dan bermartabat. Dr. Ir. Wahid Wahyudi, M.T., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, dalam sambutan pembukaan edu expo menjelaskan bahwa untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas yaitu dengan cara mempersiapkan sumber daya manusianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *