Sosialisasi Program Sekolah: Orang Tua Menitihkan Air Mata

Gresik, 8 September 2022 SMAN 1 Sidayu mengadakan kegiatan Pertemuan Wali Murid Kelas 10. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Aula milik SMAN 1 Sidayu. Pertemuan Wali murid kelas 10 sangat penting dilakukan di awal tahun karena merupakan sebuah pembuka komunikasi antara pihak orang tua dengan pihak sekolah.

Sambutan Kepala SMAN 1 Sidayu, Bapak Tohir, MM

Peranan orang tua sangat penting dalam keikutsertaannya dalam mendidik peserta didik. Sekolah mensosialisasikan mengenai tata tertib sekolah, kurikulum sekolah dan hal hal yang berhubungan dengan sekolah lainnya. Peran dan dukungan orang tua dalam menegakkan aturan sekolah di lingkungan sekolah maupun keluarga sangat penting dalam mendidik anak. Untuk itu, kerjasama antara dewan guru dan orang tua harus dilakukan dan saling bersinergi.

Dewan Guru SMAN 1 Sidayu bersama Komite

Para wali murid kelas 10 juga sangat antusias dalam kegiatan pertemuan ini, dapat dilihat dengan banyaknya wali murid yang datang pada kegiatan ini. Hal ini menunjukkan kepedulian wali murid kepada  anak anaknya yang bersekolah di SMAN 1 Sidayu dan keikutsertaanya dalam mendidik anaknya.

Wali murid antusias mengikuti paparan program kerja sekolah

Pertemuan wali murid selain dihadiri oleh wali murid kelas 10 itu sendiri juga dihadiri oleh Bapak Sutomo SH,M.Kn sebagai Komite Sekolah, Bapak Tohir, MM sebagai Kepala Sekolah serta jajaran Waka, Guru dan Staff TU. Selain itu, juga dihadiri oleh Bapak Soeltan, Konsultan Parenting yang turut mendampingi wali murid. Beliau memberikan tips bagaimana mendidik anak, serta mengajak untuk merefleksi dan mengevaluasi bagaimana selama ini orang tua mendidik anak. Tidak sedikit orang tua yang kemudian menitihkan air mata dalam sesi parenting bersama Bapak Soeltan.

Bapak Soeltan memberikan seminar parenting kepada wali murid

Sekolah sangat berharap dengan dengan adanya sosialisasi program kerja ini dapat tercipta komunikasi dan peran aktif untuk mendukung pendidikan anak. Sekolah bukan tempat titipan selama orang tua bekerja. Sekolah adalah sarana pendidikan yang tidak dapat berjalan sendiri tanpa peran serta bersama, yakni guru, siswa, orang tua dan lingkungan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *