MPK OSIS Siap Berbakti Untuk 2022-2023

Wonosalam, Jombang, 15 Oktober 2022. SMA Negeri 1 Sidayu melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKSS) MPK/OSIS. LDKS adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh MPK OSIS SMA Negeri 1 Sidayu sebagai langkah untuk mencetak pemimpin-pemimpin baru yang diharapkan dapat mengemban tanggungjawab dan melaksanakan program kerja satu periode ke depan dengan baik.

Dibuka oleh Waka Kesiswaan, Bapak Ahmad Abuddin, S.Pd., M.Pd di lapangan SMA Negeri 1 Sidayu. Dalam sambutannya Bapak Abuddin menyampaikan bahwa kegiatan LDKS adalah langkah awal pengurus MPK OSIS untuk menjadi pengurus sekaligus sebagai pemimpin di bidangnya masing-masing. Maka peserta LDKS diharapkan mempersiapkan diri dan serius dalam menjalani pelatihan tersebut. Setelah pengarahan diberikan, peserta diberangkatkan menuju lokasi LDKS.

Bapak Ahmad Abuddin membuka acara LDKS MPK OSIS 2022-2023

LDKS MPK OSIS SMA Negeri 1 Sidayu dilaksanakan di De Durian Park Wonosalam, Jombang. Disana peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menjalin kerjasama dan melatih kepemimpinan dalam kelompok. Dengan demikian akan terjaring bibit-bibit pemimpin. Dalam acara LDKS panitia sudah menyiapkan menu pelatihan yang nantinya akan dijalani oleh peserta LDKS. Menu latihan pertama adalah Leadership and Teamwork yang disampaikan oleh Mas Bambang Prakoso. Dalam materinya Mas Bambang, sapaan akrabnya, menyampaikan tentang macam-macam model kepemimpinan dan ciri pemimpin pelajar pancasila.

Mas Bambang Prakoso memberikan materi Leadership and Teamwork

Tidak ada pemimpin jika tidak ada yang dipimpin. Dan pemimpin haruslah mampu membawa rekan timnya untuk dapat menyelesaikan target program yang diinginkan. Itulah materi penting yang terdapat dalam Leadership and Teamwork. Materi ini tentu sebagai landasan bagi pengurus MPK OSIS untuk menjalani masa baktinya 2022-2023. Tidak hanya materi, Mas Bambang juga memberikan permainan di sela-sela materinya.

Materi kedua adalah Admistrasi dalam Organisasi. Materi didampingi oleh Pantia LDKS. Dalam sesi ini peserta diminta untuk membuat program kerja periode 2022-2023. Program kerja yang tersusun disampaikan dalam forum kemudian dievaluasi. Hasil evaluasi program kerja ini akan menjadi program kerja MPK OSIS SMA Negeri 1 Sidayu periode 2022-2023.

Peserta menyampaikan rancangan program kerja periode 2022-2023

Dalam sesi ini juga peserta diajari bagaimana membuat proposal dan laporan pertanggunjawaban kegiatan. Dengan demikian MPK OSIS akan dapat berjalan tidak hanya bergerak di lapangan namun juga bergerak secara administratif.

Setelah mendapatkan materi dan mengajak berpikir kritis, acara selanjutnya sebelum istirahat malam adalah berkumpul bersama untuk menyalakan api unggun. Acara ini bukan hanya untuk senang-senang, namun lebih pada menjalin keakraban antar peserta sehingga nantinya dalam menjalankan program kerja mereka dapat bekerjasama dengan baik. Mengenal satu sama lain tiap karakter adalah hal penting dalam sebuah organisasi agar dapat bergerak lebih dinamis.

Api Unggun untuk mengakrabkan dan memupuk kerjasama antar peserta

Di hari selanjutnya, peserta memulai paginya dengan berolahraga untuk menyegarkan dan melemaskan otot-otot yang kaku. Karena pada hari kedua ini peserta akan diajak melaksanakan outbound. Kegiatan yang sangat seru dan tentunya dapat memunculkan karakter masing-masing peserta. Sekaligus juga secara praktis mereka akan menerapkan model kepemimpinan mereka masing-masing. Materi yang diberikan pada hari pertama akan diterapkan pada hari kedua ini. Leadership and Teamwork.

Outbound pertama adalah jelajah alam yang dilaksanakan di sekitar area de Durian Park. Peserta berjalan kaki melewati hutan pinus dan sungai. Antara peserta dan panitia saling membantu untuk melewati tiap rintangan diperjalanan. Peserta diajak untuk menikmati alam sekaligus melatih fisik mereka. Selain itu, tujuan utama dari jelajah alam ini adalah agar peserta mampu menghargai alam. Alam juga perlu untuk hidup. Dengan menyadarkan hal tersebut, maka peserta akan menjaga alam, peduli dengan sekitarnya.

Peserta mengikuti Jelajah Alam untuk mengajarkan kepedulian terhadap lingkungan

Outbound kedua adalah Flying Fox. Permainan yang menguji adrenalin para peserta. Tiap peserta akan berselunjur dari ketinggian dari titik start ke titik finish. Permainan ini menguji keberanian dan ketangguhan mental mereka. Hal ini untuk menyiapkan mereka dalam menghadapi tantangan yang akan mereka lalui selama menjadi pengurus MPK OSIS.

Flying Fox mengajarkan keberanian dan memantapkan mental peserta

Selain itu juga terdapat outbound lainnya yang bertujuan memupuk kerjasama dan kepemimpinan tiap peserta untuk siap menjadi pengurus.

Outbound mengeluarkan bola dalam pipa bocor
Outpound who you are, mengajarkan peserta untuk jujur dan saling mengenal

Outbound sebagai agenda terakhir pada LDKS MPK OSIS tahun ini. Panitia dan peserta berkumpul untuk melaksanakan penutupan. Dipimpin langsung oleh Bapak Abuddin, beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas partisipasi dan antusias peserta dalam menjalani LDKS.

Bapak Abuddin menutup LKDS MPK OSIS 2022-2023

Besar harapan sekolah agar MPK OSIS SMA Negeri 1 Sidayu periode 2022-2023 dapat menjalankan program kerjanya dengan maksimal, penuh tanggungjawab dan saling mendukung. (Lia – Fokus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *