Keahlian Komunikasi Tradisional: Semaphore pada Peringatan Hardiknas 2024 SMAN 1 Sidayu

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 di SMAN 1 Sidayu: Eksplorasi Semaphore

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, SMAN 1 Sidayu menggelar berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan kreativitas siswa. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah latihan dan pertunjukan semaphore, sebuah metode komunikasi isyarat bendera yang memiliki sejarah panjang dan nilai edukatif tinggi.

Apa itu Semaphore?

Semaphore adalah sistem komunikasi yang menggunakan bendera, batang, atau objek lain yang dipegang oleh seseorang untuk menyampaikan pesan melalui serangkaian posisi yang diatur. Sistem ini telah digunakan sejak zaman dahulu, terutama di militer dan navigasi laut, sebagai cara yang efektif untuk mengirim pesan jarak jauh sebelum era komunikasi elektronik.

Tujuan Kegiatan Semaphore di Hardiknas 2024

Kegiatan semaphore ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan siswa pada metode komunikasi tradisional, tetapi juga untuk melatih berbagai keterampilan penting seperti:

  • Kerjasama: Siswa bekerja dalam tim untuk menyusun dan mengirim pesan.
  • Ketangkasan: Menguasai posisi dan gerakan bendera dengan cepat dan tepat.
  • Komunikasi Efektif: Memahami pentingnya komunikasi yang jelas dan terstruktur.
  • Sejarah dan Budaya: Mengenal lebih dalam tentang metode komunikasi yang memiliki nilai sejarah.

Pelaksanaan Kegiatan

Pada peringatan Hardiknas 2024, siswa-siswi SMAN 1 Sidayu berpartisipasi dalam berbagai sesi latihan semaphore yang dipandu oleh guru dan instruktur berpengalaman. Kegiatan ini melibatkan:

  1. Pengantar dan Sejarah Semaphore: Sesi ini memberikan penjelasan tentang asal-usul dan perkembangan semaphore, serta penggunaannya dalam berbagai konteks.
  2. Latihan Dasar: Siswa belajar tentang posisi dasar bendera dan bagaimana menggunakannya untuk menyusun huruf dan kata.
  3. Praktik Lapangan: Siswa mempraktikkan semaphore di lapangan sekolah, mengirim dan menerima pesan dengan bendera dalam tim.
  4. Kompetisi Semaphore: Sebagai puncak kegiatan, diadakan kompetisi semaphore antar kelas untuk menguji keterampilan dan kecepatan dalam menyampaikan pesan.

Manfaat dan Pengalaman

Kegiatan semaphore ini mendapat respon positif dari siswa dan guru. Selain menjadi pengalaman baru yang menyenangkan, semaphore juga mengajarkan nilai-nilai penting seperti disiplin, kerja keras, dan pentingnya komunikasi yang efektif.

Kesimpulan

Melalui kegiatan semaphore ini, SMAN 1 Sidayu berhasil menggabungkan pendidikan, sejarah, dan keterampilan praktis dalam satu acara yang menarik dan mendidik. Peringatan Hardiknas 2024 menjadi momentum yang berharga bagi siswa untuk belajar dan berkembang, sekaligus merayakan hari penting dalam dunia pendidikan Indonesia.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *