Kegiatan Ekstrakurikuler Jurnalistik Siswa SMAN 1 Sidayu

By Administrator 19 Agu 2021, 15:40:39 WIB Kegiatan Extra
Kegiatan Ekstrakurikuler Jurnalistik Siswa SMAN 1 Sidayu

Salam sehat dan bahagia selalu Sobat..
Kali ini tim FOKUS SMANSI akan menyajikan salah satu kegiatan yang sangat seru di SMAN 1 Sidayu yaitu Jurnalistik.

Gambar : Tim FOKUS Kita

 

Apa itu Jurnalistik?

Dalam Kamus Besar Indonesia disebutkan hahwa jurnalistik adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit dan menerbitkan berita di surat kabar dan sebagainya, yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran.

Menurut Kris Budiman, jurnalistik (journalistiek, Belanda) bisa dibatasi secara singkat sebagai kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak. Dewasa ini pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, dsb., namun meluas menjadi media elektronik seperti radio atau televisi, internet. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak (printjournalism), elektronik (electronicjournalism). Akhir-akhir ini juga telah berkembang jurnalistik secara tersambung (onlinejournalism).

Mengapa Ekstrakurikuler Jurnalistik?

Ekstrakulikuler Jurnalistik, dimaksudkan untuk membangun kelompok-kelompok jurnalistik di tingkat siswa. Hal ini merupakan upaya pensiasatan untuk kalangan siswa mengisi waktu senggangnya selepas kegiatan pendidikan wajib di sekolah. Selain itu, ekskul jurnalistik juga sebagai sarana peserta didik mengemabangkan minat dan bakatnya dalam ilmu jurnalistik seperti mempersiapkan, menulis, menyunting sampai penyampaian informasi ke publik khususnya di lingkungan sekolah dengan memanfaatkan berbagai media baik itu media cetak atau media elektronik.

Biasanya, sekolah-sekolah memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah sebagai media untuk meyampaikan informasi beragam yang berkaitan dengan informasi seputar sekolah maupun informasi lainnya yang bermanfaat sebagai sarana untuk memngekspresikan kreatifitas siswa dalam hal jurnalistik. Namun, kegiatan jurnalistik tidak berhenti begitu saja seusai majalah dinding dikreasi atau majalah/tabloid sekolah diterbitkan. Dengan perkembangan teknologi di zaman sekarang, media internet menjadi salah satu diantara media lainnya yang sangat layak digunakan dalam menyebarkan informasi. Maka dari itu, siswa juga dapat berkreatifitas dalam media internet diantaranya adalah melalui blog dan hal yang semacamnya.

Dalam Ekstrakurikuler ini ada banyak pendalaman yang bisa dilakukan untuk lebih mengasah bakat dan kemampuan jurnalistik seseorang, Maka dari itu, disini kami hadir untuk menjadi solusi bagi siswa yang ingin mengekspresikan kreatifitasnnya dalam menulis, fotografer, videografer dan hal yang semacamnya supaya dapat mengembangkan minat ataupun bakatnya dalam jurnalistik. 

Kegiatannya apa saja sih?

Kegiatan jangka pendek : Mengadakan kajian materi untuk memperdalam keilmuan dalam jurnalistik; membuat konten-konten informasi yang menarik, kreatif dan bermanfaat untuk mengisi mading sekolah; mengupdate berita-berita terbaru seputar kegiatan sekolah untuk di informasikan melalui media mading/majalah/blog jurnalistik.


Gambar : Mempersiapkan Mading FOKUS


Gambar : Membuat dan Menerbitkan Majalah FOKUS

Gambar : Menghidupkan Mading Sekolah

Kegiatan jangka panjang : membuat video dokumenter sekolah sebagai sarana untuk menginformasikan kebiasaan positif dan kegiatan-kegiatan di sekolah selama 1 tahun; menerbitkan majalah sekolah minimal per 1 semester maksimal per 1 tahun; membuat website jurnalistik sekolah sebagai sarana informasi mengenai semua kegiatan ektrakurikuler jurnalistik. 

Nah Sobat.. itulah sekilas mengenai ekskul jurnalistik yang ada di SMA Negeri 1 Sidayu.
Semoga bermanfaat. 



Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment