KESERUAN PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN INDONESIA KE-78

Bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan Negara Indonesia. Berbagai kegiatan dan lomba diadakan untuk merayakannya. Warga SMA Negeri 1 Sidayu pun ikut merayakan dengan lomba antarkelas dan jalan sehat. Selain itu, Smansi juga mengikuti kegiatan yang diadakan oleh pihak Kecamatan Sidayu, yaitu gerak jalan tradisional Wadeng-Sidayu, upacara bendera, dan bazar di alun-alun Sidayu.    

Rabu, 16 Agustus 2023 OSIS SMA Negeri 1 Sidayu mengadakan berbagai lomba, yaitu  cipta dan baca puisi, balap kelereng, bakiak panjang, jalan balok, dan yel-yel. Setiap kelas wajib mengirim perwakilan kelasnya.

Lomba cipta dan baca puisi

Lomba pertama, yaitu lomba cipta dan baca puisi di aula Smansi dengan tema perjuangan. Juara pertama lomba cipta dan baca puisi adalah kelas XI-7. Juara kedua diraih XII- 3, dan juara ketiga diraih XI-11.

Lomba balap kelereng

Lomba yang kedua ada lomba balap kelereng. Lomba kelereng dilaksanakan di lapangan voli.  Juara pertama lomba balap kelereng dimenangkan oleh perwakilan dari kelas XI-4. Perwakilan dari X-4 dan XI-6 masing-masing juara kedua dan ketiga.

Lomba bakiak panjang

Setelah lomba kelereng, lomba ketiga adalah bakiak panjang dengan tiga orang pemakai. Lomba ini dimenangi kelas XII-8. Juara kedua kelas X-10, dan juara tiga kelas X-11.

Lomba jalan balok

Yang keempat ada lomba jalan balok. Dalam lomba ini peserta hanya dibekali empat balok sebagai pijakan. Juara pertama lomba ini dimenangkan oleh perwakilan dari kelas XI-6. Juara kedua perwakilan dari X-8, dan juara ketiga diraih oleh perwakilan dari kelas XII-3.

Lomba yel-yel kelas XII-5

Terakhir ada lomba yel-yel. Setiap kelas diwakili maksimal lima belas siswa. Juara pertama lomba yel-yel dimenangkan oleh kelas XII-5. Juara kedua XI-6 dan juara ketiga X-10.

Kamis, 17 Agustus 2023, siswa SMA Negeri 1 Sidayu mengikuti upacara bendera di alun-alun Sidayu dengan didampingi oleh Bapak Ibu guru. Upacara pengibaran bendera diikuti oleh siswa kelas XI dan XII, sedangkan upacara penurunan bendera diikuti oleh siswa kelas X.

Upacara  bendera

Jumat, 18 Agustus 2023, seluruh warga SMA Negeri 1 Sidayu melaksanakan jalan sehat. Jalan sehat kali ini harus mengenakan baju adat atau pahlawan. Rute yang dilewati pun tidak terlalu jauh, cukup menyisir jalan Pahlawan, jalan Pelita, jalan Raden Badrun, dan kembali lagi ke jalan Pahlawan.

Jalan sehat SMAN 1 Sidayu
Penyerahan hadiah jalan sehat

Peserta jalan sehat tiba di Smansi disambut dengan penampilan dari ekstrakurikuler DGO dengan tariannya. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan kupon undian jalan sehat. Banyak hadiah menarik yang disiapkan, seperti sepeda, kipas angin, kasur lipat, tas sekolah, setrika dan hadiah hiburan lainnya. Hadiah utama sepeda didapatkan oleh siswi kelas XI, Meylinda Amaliyah.

Minggu, 20 Agustus 2023, lomba gerak jalan Wadeng-Sidayu diadakan oleh pihak Kecamatan Sidayu. SMA Negeri 1 Sidayu mengikutkan empat regu, yaitu regu Passusi putra, regu Passusi putri, regu kelas X, dan regu kelas XI

Gerak jalan regu Pasussi putra
Gerak jalan regu  Pasussi putri

Dalam lomba ini SMA Negeri 1 meraih tiga juara sekaligus. Regu Passusi meraih juara 1 baik regu putra maupun regu putri. Sementara itu, regu putri dari kelas X meraih juara 3.

Sabtu, 26 Agustus 2023, SMA Negeri 1 Sidayu mengikuti lomba bazar di alun-alun Sidayu. Ada menu bakso, gado-gado, nasi goreng, tahu campur, mie ayam, dan ayam geprek. Untuk minuman ada teh susu, teh milo, dan teh poci. Selain itu, beberapa makanan ringan juga disajikan. Penukaran kupon dibagi tiga tahap. Tahap 1 pukul 15.00-16.00 kelas X. Tahap 2 pukul 16.00-17.00 kelas XI. Tahap 3 pukul 17.00-18.30 kelas XII.

Stand bazar SMA Negeri 1 Sidayu

Setelah bazar, dilanjutkan dengan pentas seni. Pentas seni ini menampilkan kreasi siswa Smansi baik di bidang tari, teater, dan tarik suara. Pentas seni juga menampilkan juara pertama lomba baca puisi dan yel-yel dalam lomba antarkelas. Selain itu, ada bintang tamu dari alumni Smansi, Hamim, yang menyumbangkan beberapa lagu hingga membuat suasana semakin meriah.

Pentas seni SMA Negeri 1 Sidayu

Rangkaian peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang diadakan tentunya diharapkan dapat menggugah semangat generasi muda untuk terus belajar dan berkreasi. Dengan mengenang jasa para pahlawan dan meneladaninya dapat memotivasi generasi muda khususnya siswa SMA Negeri 1 Sidayu untuk tetap berprestasi. Selain itu, dengan mengadakan dan mengikuti lomba, kegiatan Agustusan, diharapkan warga SMA Negeri 1 Sidayu bisa menjadi satu keluarga yang utuh, kompak, dan semangat.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-78!

Terus melaju untuk Indonesia maju!