Kemeriahan Maulid Nabi Muhammad SAW. 1445H

Jumat, 29 September 2023, seluruh warga SMA Negeri 1 Sidayu memperingati maulid Nabi Muhammad saw. di masjid Al-Hidayah Smansi. Peringatan maulid tahun ini hari agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini peringatan maulid Nabi tidak ada ceramah agama, tetapi diganti dengan pembacaan Maulid Syaroful Anam.

Penampilan ekstra Banjari
Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Beberapa acara telah disiapkan oleh panitia. Seperti tahun-tahun sebelumnya praacara diisi dengan lantunan selawat yang dibawakan oleh grup hadrah dari ekstrakurikuler Banjari SMAN 1 Sidayu. Selanjutnya pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Nabilah Putri Abrizza. Acara berikutnya sambutan atas nama ketua panitia dan kepala sekolah. 

Pembacaan Selawat Maulid Syaroful Anam

Acara inti pada peringatan tahun ini adalah pembacaan Maulid Syaroful Anam oleh Nur Hasib, Ainur Rifqi, dan Muhammad Harir dari Bungah. Karena itu, para siswa diperbolehkan membawa handphone untuk membaca Maulid Syaroful Anam yang sebelumnya sudah dikirim melalui whatsapp.

Selain itu, jika tahun-tahun sebelumnya untuk memperingati maulid Nabi diadakan lomba ceramah atau azan, tahun ini diadakan lomba cipta dan baca puisi Islami. Oleh karena itu, sebelum acara berakhir, pembawa acara mengumumkan para juara. Juara pertama diraih oleh perwakilan XII-3. Perwakilan  XII-6 meraih juara kedua, sedangkan perwakilan XII-4 meraih juara ketiga.

Secara keseluruhan peringatan Maulid Nabi tahun ini berjalan sesuai yang direncanakan. Kalaupun ada kendala, bukan masalah yang berat. “Ada kendala pada kedisiplinan panitia. Banyak panitia yang terlambat sehingga untuk pengondisian siswa itu agak susah,” ungkap ketua panitia

“Acara kali ini beda karena boleh pegang hp ya, terus juga gak ada ceramahnya, ganti sama sholawat,” tutur salah satu siswi.

Bagaimanapun bentuk kegiatannya, semoga dengan memperingati maulid Nabi Muhammad saw. dapat memperdalam kecintaan kita pada Rosulullah dan mendapat syafaatnya, amin!