Projek Suara Demokrasi: “Suaramu, Jati Dirimu Menentukan Pemimpin Bermutu”

SMA Negeri 1 Sidayu melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan tema  suara demokrasi.  Tema ini dilaksanakan oleh kelas X dengan topik “Suaramu, suara hatimu, penentu pemimpin bermutu”. Kegiatan ini berlangsung selama enam hari mulai 13—20  September 2023.

Projek ini bertujuan untuk mengenalkan pada peserta didik tentang keterkaitan antara kebebasan berekspresi atau tindakan mengeluarkan pendapat dengan kesetaraan terletak pada pandangan bahwa semua manusia dianggap setara di mata hukum. Oleh karena itu, siapa pun yang berpendapat atau bersuara harus dihormati dan patut didengar.

Ada beberapa tahap dalam kegiatan ini. Tahap pertama adalah tahap pengenalan. Pada tahap ini peserta didik dikenalkan akan pentingnya partisipasi individu dalam proses pengambilan keputusa bersama. Tahap kedua adalah tahap kontektualisasi. Pada tahap ini peserta didik  diharapkan mampu mengkontekstualisasi peran individu dalam demokrasi, mengekspresikan suara diri sebagai proses demokrasi, dan mengenal peran teknologi dalam sistem demokrasi. Tahap yang ketiga, yaitu tahap aksi dan tahap refleksi. Pada tahap ini peserta didik mewujudkan pembelajaran yang didapat melalui aksi nyata.

Peserta didik dan guru berkolaborasi dalam projek ini sehingga mendapatkan hasil yang tidak seperti pembelajaran intrakurikuler, tetapi pengembangan profil pelajar Pancasila yang dikuatkan dengan projek yang dilaksanakan peserta didik. Berikut merupakan rangkaian kegiatan utama dalam projek suara demokrasi.

  1. Membuat menara

Pada kegiatan ini setiap kelompok membuat menara dari barang-barang yang ada di dalam tas anggota kelompok masing-masing.

  • Membuat poster demokrasi

Masing-masing kelompok mengambil undian untuk mendapatkan alat yang akan digunakan untuk membuat poster demokrasi. Alat yang digunakan berdasarkan nomor undian adalah (1) pensil, penghapus, spidol merah, dan spidol biru; (2) pensil, penghapus, spidol merah; (3) pensil, penghapus; dan (4) pensil

  • Bermain jalan privelese

Peserta didik bermain peran. Dengan memejamkan mata peserta didik menyimak pernyataan yang dibacakan guru. Jika pernyataan tersebut sesuai perannya, peserta didik akan maju satu langkah. Apabila tidak sesuai, akan mundur satu langkah. Permainan ini akan membentuk kelompok marjinal dan rentan.

  • Pembicara tamu

Pada kegiatan ini, peserta didik menyimak dan membuat resume tentang demokrasi dalam pemilu yang disampaikan oleh Makmun, S.H.I, M.H.I. Beliau adalah komisi pemilihan umum (KPU) Gresik.

  • Kunjungan ke pemilihan ketua MPK/OSIS

Senin, 18 September 2023 setiap kelas menunjuk empat peserta didik untuk melakukan kunjungan ke pemilihan ketua MPK/OSIS di aula Smansi. Panitia pemilihan ketua MPK OSIS  menjelaskan tentang bagaimana pelaksanaan gebyar demokrasi di sekolah.

.

  • Simulasi pemilihan kepala desa

Selasa, 19 September 2023 peserta didik melakukan simulasi pemilihan kepala desa.

  • Sosiodrama

Sosiodrama merupakan acara puncak kegiatan P5 Suara Demokrasi. Kegitan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 September 2023 di aula Smansi. Setiap kelas mendapat tema yang berbeda.

Tema yang diangkat adalah demokrasi di sekolah, perundungan, cyber crime (hoax, hate speech), pilpres, KKN, demo buruh, kerusuhan SARA, kerusuhan 1998, kerusuhan Ambon, Papua Merdeka, dan peristiwa G-30 S/PKI.

Sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan kerja keras peserta didik dalam dalam kegiatan sosiodrama, pihak sekolah memberikan pengharagaan kepada tiga penampil terbaik. Penampil terbaik pertama diraih oleh kelas X-10 dengan tema demokrasi di sekolah. Terbaik kedua diraih kelas X-2 dengan tema pilpres, dan penampil terbaik ketiga diraih kelas X-7 dengan tema kerusuhan Ambon.