Tim SMA Negeri 1 Sidayu Juara FIKSI 2023 Tingkat Nasional

Sea Grapes for Future Health meraih juara III di Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2023 (FIKSI) katagori rencana usaha bidang budidaya dan lintas usaha tingkat nasional jenjang SMA/MA. Festival ini diselenggarakan oleh Kemdikbud dan didukung oleh Puspresnas, BPTI, serta  Smesco. FIKSI 2023 dilaksanakan 25 hingga 30 September 2023 di Smesco dan hotel Mercure jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Sea Grapes for Future Health

Sea Grapes for Future Health adalah karya Dewi Apriliani Inestasia (XII-9) dan Angeliya Nurmita Amira (XII-10). Sebuah inovasi produk anggur laut (sea grapes) yang dapat disimpan dengan mudah dalam jangka panjang. Hal ini disebabkan anggur laut telah melalui proses pengawetan dengan garam. Tim Smansi melakukan uji penelitian gizi dan kandungan anggur laut di laboratorium gizi Universitas Airlangga. Hasil uji penelitian menunjukkan gizi dan kandungan anggur laut tidak berubah meskipun melalui penggaraman.

Dewi Apriliani Inestasia dan Angeliya Nurmita Amira mendapat Penghargaan

Sea Grapes for Future Health mampu mencuri perhatian juri karena produk ini belum banyak dikenal orang. Padahal alga hijau ini bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat dan produk kecantikan untuk masa depan.

Stan Anak Laut SMA Negeri 1 Sidayu

 Sementara itu, tim Evelyna Ega Daniswari (XI-1) dan Jauhar Musthofa Qulub (XII-9) yang berlomba di bidang desain grafis. Anak Laut karya Evelyn dan Jauhar belum mengantarkan mereka untuk mendapatkan juara. Anak Laut merupakan buku cerita anak yang dilengkapi dengan fitur augmented reality (AR). Dengan demikian, pembaca akan mendapatkan tampilan animasi 2D yang bergerak dengan diringi suara narator. Tentunya selain menarik, penggunaan visual dan audio akan memudahkan penyerapan informasi.

Ceritanya sendiri berfokus pada daerah pesisir, mengangkat dua karakter kakak beradik. Mereka memiliki ketertarikan pada banyak hal, seperti pencemaran laut dan kearifan lokal yang mulai tergerus zaman. Tema sengaja dibuat sangat relevan dengan keadaan di pesisir, dengan begitu pembaca dapat merasakan keadaan sebenarnya menjadi penduduk lokal dan tentunya ini menjadi daya tarik tersendiri dari Anak Laut.

            Lolosnya tim FIKSI Smansi di tingkat nasional tentu merupakan kebanggaan bagi warga SMA Negeri 1 Sidayu. Banyak pengalaman dan pembelajaran yang didapat oleh mereka. “Semua kompetisi itu sulit, yang terpenting adalah mencobannya dan berusaha semaksimal mungkin, kalah dan menang itu sudah wajar. Namun kemenangan dimulai dari usaha, kerja keras, dan pengalaman,” ujar Evelyn. (AA/AY)