MENUJU SEKOLAH SEHAT DENGAN TEKNOLOGI

Menuju sekolah sehat dengan teknologi adalah topik dari P5 tema berekayasa dan berteknologi untuk kemajuan NKRI. Proyek dengan topik tersebut dilaksanakan oleh siswa kelas XII pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Proyek ini dilaksanakan selama enam hari, sejak Rabu, 13 September 2023 hingga Rabu, 20 September 2023.

Setiap kelas dibentuk empat kelompok yang terdiri atas delapan sampai sembilan siswa. Dari sepuluh rombel terbentuk 39 kelompok.  Pada proyek kali ini ada delapan LKPD yang harus dikerjakan, baik secara individu maupun kelompok. Masing-masing kelas didampingi oleh walikelas dan satu guru sebagai fasilitator.

Rabu, 13 September 2023

Siswa mendapat pengarahan secara umum dari pembimbing tentang teknologi sederhana, teknologi digital, dan teknologi tepat guna yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama di sekolah. Selanjutnya siswa mengerjakan LKPD 1 dan 2 yang berisi tentang pemahaman siswa terkait dengan teknologi secara individu. Setelah itu, dilakukan pembagian kelompok oleh pembimbing. Berikutnya, mengerjakan LKPD 3 dan 4 secara kelompok.

Presentasi hasil diskusi kelompok

Kamis, 14 September 2023

Siswa mengerjakan LKPD 5, 6, dan 7 tentang rancangan karya inovasi. Selain mendapat bimbingan fasilitator, siswa juga diberikan kesempatan berkonsultasi pada guru yang memiliki kompetensi terkait dengan rancangan aksi siswa.

Jumat, 15 September 2023

Siswa membuat prototipe dari rancangan yang telah disepakati oleh anggota kelompok. Setelah itu, siswa memaparkan rancangan alat yang akan dibuat melalui presentasi kelas.

Siswa membuat prototipe

Senin, 18 September 2023

Siswa mulai membuat karya inovasi sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.  Selanjutnya siswa mengerjakan LKPD 8.

Siswa membuat karya inovasi

Selasa, 19 September 2023

Siswa melakukan uji coba hasil karyanya. Siswa melakukan perbaikan jika ditemukan kendala atau kekurangan dari alat yang dibuat. Selain itu, siswa melakukan persiapan pameran kelas atau gelar karya. Setelah itu, siswa membuat laporan P5.

Persiapan gelar karya

Rabu, 20 September 2023

Kegiatan akhir proyek adalah gelar karya. Gelar karya ini mendapat kunjungan kepala sekolah dan dewan guru. Selain itu, dilakukan penilaian oleh tim juri. Tiga karya terbaik adalah organic rivive XII-6, broom-broom bot XII-5, dan air purifier XII-3.

Gelar karya inovasi