DONOR DARAH SMA NEGERI 1 SIDAYU “Setetes Darah, Sejuta Manfaat”

Ekstrakurikuler PMR SMA Negeri 1 Sidayu bekerjasama dengan PMI Gresik menggelar aksi nyata  donor darah dengan tema “Setetes Darah, Sejuta Manfaat”.  Kegiatan ini berlangsung di aula SMAN 1 Sidayu, Selasa 15 November 2023. Donor darah ini dilaksanakan setiap tahun pada November dalam rangka memperingati HUT SMA Negeri 1 Sidayu.  

Donor darah ini terbuka untuk umum. Selain siswa kelas XII dan guru Smansi, pendonor juga berasal dari alumni SMAN 1 Sidayu, warga sekitar sekolah, dan pegawai di instansi Sidayu, seperti kecamatan, Puskesmas, dan kepolisian.  Hasil donor darah didapatkan 50 kantong.  Hasil itu didapat satu aparat polisi, tujuh guru SMAN 1 Sidayu, satu guru SMAN 1 Dukun, empat belas siswa Smansi, dan 27 masyarkat sekitar.

Kegiatan ini berlangsung secara tertib. Pendonor harus memenuhi persyaratan, yaitu usia 17—60 tahun,  berat badan minimal 50 kg, tidak mengkonsumsi obat 2×24 jam, dan untuk wanita tidak sedang datang bulan, hamil atau menyusui.  Pendonor yang memenuhi syarat mengisi formulir data diri. Dilanjutkan dengan skrining oleh anak PMR dan petugas PMI, pendonor menjalani timbang badan, tes tekanan darah, tes golongan darah, dan tes kadar hemoglobin. Setelah lolos skrining, dilakukan pengambilan darah oleh petugas dari PMI yang dibantu oleh anak-anak PMR. Setelah itu, para pendonor mendapat bingkisan, stiker, gantungan kunci, dan kolak kacang ijo.

Menurut Susilowati, petukas UKS Smansi, hasil donor darah tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Siswa dan guru SMAN 1 Sidayu sebenarnya sangat antusias tetapi banyak dari mereka tidak lolos persyaratan donor darah. Selain itu, ada juga yang masih takut dan ragu-ragu untuk donor darah karena ini kali pertama bagi mereka.

Ahmad Zubaidi Firdaus selaku pelatih ekstrakurikuler PMR sekaligus perwakilan dari PMI Gresik, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan donor darah yang setiap tahun diadakan oleh SMA Negeri 1 Sidayu sangat bermanfaat. “Sangat banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan donor darah ini.  Mulai belajar untuk berbagi dengan sesama walaupun hanya setetes darah, belajar bekerjasama dalam berorganisasi, dan belajar untuk bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas sehingga kegiatan donor darah ini dapat berlangsung dengan lancar dan tidak ada kendala,” ujarnya.