PTA Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Cetak Generasi Berkarakter

Dewan Ambalan Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Dhien Pangkalan SMA Negeri 1 Sidayu melaksanakan kegiatan PTA (penerimaan tamu ambalan) dengan tema “Kedisiplinan Pemuda–Pemudi Menjadi Penerus Bangsa yang Unggul dalam Berperilaku”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 10 dan 11 November 2023. Mulai Jumat pukul 13.00 WIB hingga Sabtu pukul 15.00 WIB. Kegiatan PTA dilaksanakan di aula dan halaman depan SMA Negeri 1 Sidayu

Kegiatan ini diikuti 389 penegak praanggota Ambalan Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Dhien. Mereka adalah siswa kelas X yang tingkatannya masih penggalang. Untuk menjadi penegak, mereka harus mengikuti rangkaian kegiatan terlebih dulu. Di antaranya, mengikuti acara penyampaian materi. Baik materi kepramukaan maupun materi kepemimpinan. Selain itu, sama seperti kegiatan pelantikan pada umunya ada api unggun, pentas seni, dan outbond. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan yang disiapkan oleh dewan ambalan, siswa kelas X dilantik menjadi golongan penegak dan resmi menjadi ambalan Pangeran Diponegoro dan Cut Nyak Dien.

Menurut ketua pelaksana, Arista, ada yang berbeda pada pelaksanaan PTA tahun ini. “Tahun ini ada pemberian motivasi oleh Afif Hidayatullah. Selain itu, ada juga tes pemahaman tentang kepramukaan,” tuturnya. Hal ini dilakukan karena mengingat anak sekarang mulai mengalami krisis karakter, tidak disiplin, dan kurang beretika. “Oleh karena itu, PTA mengangkat tema kedisiplinan,” lanjutnya.

Dia berharap PTA tahun ini dapat membentuk karakter siswa SMA Negeri 1 Sidayu menjadi lebih baik khususnya anak kelas X. “Semoga mereka lebih disiplin dan dapat menjaga sopan santun terhadap Bapak/Ibu guru,” ujarnya.