SMA Negeri 1 Sidayu Ukir Prestasi di OSBI 2023

Mohammad  Rifqi Aminullah (ketua), Khulatul  Wafa (anggota), dan Wasilatul Firdaus (anggota) meraih medali perunggu (bronze medal) di ajang olimpiade sains beregu Indonesia (OSBI) pada 23—26 November 2023. Olimpiade ini diselenggarakan oleh Indonesia Saintific Society bekerjasama dengan Kemendikbudristekdikti dan SEAMEO QITEP IN SCIENCE. 

Olimpiade ini merupakan kompetisi sains beregu bagi pelajar SMA/Sederajat tingkat nasional. Satu regu terdiri atas tiga anak yang masing-masing anak menguasai satu matapelajaran. Rifqi menguasai matapelajaran fisika. Wasila menguasai matapelajaran kimia, dan Wafa mengusai matapelajaran biologi.

Ada tiga tahap kegiatan. Pertama, 28 Oktober 2023 babak penyisihan yang diikuti sekitar 200 peserta secara online. Pada tahap ini mereka mengerjakan 30 soal pilihan ganda  dalam waktu 75 menit. Tiap-tiap matapelajaran terdiri atas sepuluh soal. Kedua, 29 Oktober 2023 babak semifinal. Mereka secara online mengerjakan 15 soal essai yang terdiri atas lima soal fisika, lima soal kimia, dan lima soal biologi dalam waktu 120 menit.

Tahap ketiga, yaitu grand final yang dilaksanakan secara offline di balai besar guru penggerak (BBGP) Bandung pada 24 November 2023. Mereka mengerjakan 45 soal kognitif. Setelah itu, peserta diberikan soal analisis masalah terkait energi terbaharukan dengan menggunakan biofotosintesis dan mempresentasikan hasil analisisnya selama sepuluh menit.

“Kegiatan di Bandung berlangsung selama empat hari. Registrasi pada 23 November, kemudian 24 November grand final. Pada 25 November kita bertamasya di kota Bandung dan 26 November pengumuman,” ujar Wafa.

Menurut Wafa, OSBI adalah perlombaan yang efektif guna mengasah kemampuan para peserta untuk bisa berkompetisi, serta mendapatkan ilmu yang baru. Sekaligus teman baru.