SEMINAR KEWIRAUSAHAAN “Wirausaha Sebagai Pilihan Karier yang Potensial Bagi Generasi Muda”

Program studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Qomaruddin menyelenggarakan seminar kewirausahaan di aula SMA Negeri 1 Sidayu. Tema kegiatan ini adalah  “Wirausaha sebagai pilihan karier yang potensial bagi generasi muda”. Seminar ini berlangsung pada Jumat,  15 Desember 2023  mulai pukul 08.00—10.30  WIB.

Kegiatan ini merupakan  bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) universitas Qomaruddin. SMA Negeri 1 Sidayu dipilih sebagai tempat seminar sekaligus sebagai peserta seminar karena memiliki siswa yang banyak. Sasarannya adalah siswa kelas XII. Hal ini disebabkan siswa kelas XII yang tidak melanjutkan kuliah, maka seminar kewirausahaan ini menjadi langkah awal untuk memikirkan dan mengambil langkah selanjutnya untuk berwirausaha.

Acara ini dibuka oleh MC Relita Novita Sari dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan oleh Dekan FEBI Universitas Qomaruddin, yaitu Niswatin Khasanah, M.A. Dalam Sambutannya Niswatin  menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah diberikan izin untuk menyelenggarakan seminar kewirausahaan di SMAN 1 Sidayu. Beliau berharap kerjasama ini terus terjalin sehingga memberikan dampak positif baik kepada siswa-siswi Smansi dan juga pihak universitas.

Sementara itu, Bapak Tohir selaku kepala SMA Negeri 1 Sidayu dalam sambutannya berpesan kepada siswa SMANSI agar mengikuti seminar dengan baik. Menurut beliau, seminar ini akan memberikan manfaat yang sangat banyak terutama kepada siswa-siswi yang tidak melanjutkan keperguruan tinggi. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada pihak universitas yang memilih Smansi untuk kegiatan seminar ini.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh pihak universitas Qomaruddin kepada kepala SMA Negeri 1 Sidayu dan penyerahan sertifikat dari kepala SMA Negeri 1 Sidayu kepada Suwaldiyana, S.E., M.M., M.Pd. Sementara itu, penyerahan sertifikat kepada siswa dilakukan  secara simbolis kepada ketua OSIS, yaitu Brilian Adam.

Sebagai acara inti, yaitu seminar kewirausahaan. Pemateri dalam seminar ini adalah Bapak Suwaldiyana. Beliau menyampaikan materi secara jelas dan lugas, serta memberikan contoh-contoh pelaku wirausaha yang berhasil dan sukses. Tentunya hal ini dapat memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Sidayu untuk berwirausaha seandainya tidak melanjutkan kuliah. Sesi berikutnya yang tidak kalah menariknya adalah sesi tanya jawab. Siswa-siswi diberikan kesempatan  untuk bertanya sepuasnya.

Kegiatan seminar ini sangat memberikan manfaat yang luar biasa kepada siswa-siswi Smansi. Semoga kerja sama ini dapat terlaksana kembali pada tahun-tahun yang akan datang.