Skrining, Solusi Tepat Atasi Masalah Kesehatan Siswa SMA Negeri 1 Sidayu Sejak Dini

Ekstrakurikuler PMR SMA Negeri 1 Sidayu bekerjasama dengan Puskemas Sidayu mengadakan kegiatan “Skrining Kesehatan Fisik dan Jiwa”.  Skrining ini berlangsung di ruang laboratorium bahasa SMA Negeri 1 Sidayu, Kamis, 11 Januari 2024. Skrining ini dilaksanakan untuk mendeteksi secara dini  masalah kesehatan yang diderita siswa agar segera ditanganan sedini mungkin.

Skrining ini diawali dengan pelaksanaan tes kesehatan jiwa (emosi dan prilaku) dalam bentuk SDQ (Strength And Difficulties Questionnaire). Kegiatan ini diikuti 1.113 siswa dari  kelas X, XI, dan XII. Selanjutnya, skrining kesehatan fisik diikuti 388 siswa kelas X. Hasil skrining kesihatan ditemukan sebanyak 6 siswa yang mengalami gangguan kesehatan dan direkomedasikan untuk penaganan lebih lanjut.

Proses skrining oleh petugas kesehatan Puskesmas Sidayu

Dikomandani bu Maslakha sebanyak enam belas tenaga kesehatan dilibatkan dalam kegiatan ini. Auzan Mutaqim selaku perwakilan dari pihak Puskesmas Sidayu menjelaskan skrining kesehatan yang dilaksanakan secara umum berupa pengukuran tekanan darah, pemeriksaan fisik, deteksi gangguan jiwa dan konseling. “Khusus untuk perempuan dilakukan tes HB dan pemberian tablet darah, sedangkan untuk laki-laki dilakukan tes kadar gula darah,” jelasnya.

Sambutan Kepala SMAN 1 Sidayu

Bapak Tohir menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mendeteksi dini kesehatan siswa sehingga dapat dijadikan dasar tindakan selanjutnya. Hal senada juga disampaikan oleh peserta dari kelas X. Menurutnya, sekrining ini bermanfaat sekali karena dapat mendeteksi gejala anemia, juga mendeteksi dini PTM (penyakit tak menular).