Sosialisai Moderasi Agama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di SMA Negeri I Sidayu

Senin, 29 Januari 2024 dalam rangka memperkuar kerukunan umat beragama SMA Negeri 1 Sidayu bekerja sama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Gresik mengadakan kegiatan sosialisasi “PBM dan Moderasi Beragama”. Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan apel pagi di lapangan upacara SMA Negeri 1 Sidayu.

Pembina apel Muhammad Syamsul dari FKUB

Pada apel kali ini yang menjadi pembina apel adalah Bapak Muhammad Syamsul dari FKUB. Beliau menjelaskan tugas FKUB secara umum. Menurut beliau FKUB adalah sebuah forum yang dibentuk dengan tujuan membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

“Forum kerukunan umat beragama tujuan utamanya adalah menjaga kerukunan umat beragama,” ujarnya.

Lanjutnya,, moderasi beragama sangat rentan terjadi di lingkungan sekolah. Terutama di sekolah-sekolah yang memiliki keragaman beragama. Tentunya, toleransi beragama sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, perlu adanya moderasi beragama di lingkungan sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sidayu Bapak Drs. Tohir, M.M. menyampaikan bahwa kegiatan ini penting sekali untuk mengantisipasi terjadinya intolenransi beragama di lingkungan sekolah. Hal ini disebabkan siswa SMA Negeri 1 Sidayu mayoritas beragama Islam dibandingkan yang beragama lain. Peserta apel selain siswa, guru, dan karyawan SMA Negeri 1 Sidayu, juga ada perwakilan OSIS SMA Kajeng Sepuh Sidayu, SMA Muhammadiyah 4 Sidayu, SMK Negeri 1 Sidayu, dan SMK Sunnahnul Muhtadin Sidayu. (Z/AY)