“Semangat Masuk PTN Terbaik” Studi Kampus SMA Negeri 1 Sidayu

Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sidayu melakukan kunjungan kampus ke beberapa perguruan tinggi negeri di Surabaya dan Malang. Di Surabaya perguruan tinggi negeri yang dikunjungi adalah UPN, ITS, Unair, dan Unesa. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa tanggal  23 Januari 2024. Sementara itu, studi kampus di Malang dilaksanakan pada Jumat, 26 Januari 2024. Kampus yang dikunjungi adalah Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM)

Studi kampus merupakan program sekolah yang dilaksanakan setiap tahun. Seperti tahun-tahun sebelumnya, siswa dibagi berdasarkan minat atau program pilihan mata pelajaran. Di Surabaya seluruh siswa mengunjungi kampus UPN dan Unesa. Sedangkan ITS dan Unair dikunjungi rombongan siswa sesuai dengan minatnya. Sementara itu, karena di Malang hanya dua kampus yang dikunjungi, siswa tidak dibagi berdasarkan minat atau program pilihan mata pelajaran.

Yuni Rahmawati selaku ketua panitia menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada siswa tentang studi lanjut perguruan tinggi sesuai dengan minat, bakat, serta cita-cita, serta karier yang nanti dijalani.

“Banyak informasi yang didapatkan siswa-siswi tentang jalur masuk perguruan tinggi negeri seperti jalur SNBP, SNBT, dan mandiri. Selain itu, mereka juga mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi negeri yang dikunjungi, seperti sejarah berdirinya, akreditasi, prestasi, dan fakultas serta jurusan di setiap perguruan tinggi. Bahkan trik dan tips masuk PTN favorit juga didapatkan.” Jelas bu Yuni  “Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang sistem pendidikan dan lingkungan di perguruan tinggi yang mungkin diminati.” tambahnya.

Untuk studi kampus di Surabaya diikuti 228 siswa dan didampingi 15 guru, sedangkan ke Malang diikuti 104 siswa dan didampingi 6 guru. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Banyak di antara mereka yang mengikuti dua tujuan sekaligus, yaitu Surabaya dan Malang. Mereka merasa puas dengan kegiatan studi kampus. Apalagi mereka diberi kesempatan untuk bertanya kepada pihak kampus. Rata-rata mereka menanyakan cara tepat agar diterima di perguruan tinggi yang mereka inginkan. Terlebih lagi, mereka yang bertanya mendapatkan souvenir atau buah tangan dari pihak kampus.

Siswa diberi kesempatan untuk bertanya

 Secara keseluruhan kegiatan studi kampus ini berjalan lancar dan sukses. Meskipun yang di Surabaya ada perubahan jadwal kunjungan, semua dapat diatasi dengan cepat. “Ada perubahan jadwal kunjungan di Unesa. Semula dijadwalkan kunjungan kedua. Karena ada sesuatu, pihak Unesa mengundur jadwal kunjungan. Untungnya pihak kampus yang lain bisa diajak kerja sama dan menyesuaikan dengan perubahan jadwal yang ada.” jelas bu Yuni. Bu Yuni berharap semoga ke depanya bisa lebih baik. (YR/AY)