Donor Darah Smansi Bentuk Kepedulian terhadap Sesama

Dalam rangaka memperingati HUT SMA Negeri 1 Sidayu ekstrakurilkuler PMR bekerja sama dengan PMI Gresik dan Puskesmas Sidayu mengadakan kegiatan donor darah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 23 November 2022 mulai pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB di aula SMA Negeri 1 Sidayu.

Pembukaan Aksi Donor Darah SMA Negeri 1 Sidayu

Sekitar 70 pendonor darah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka adalah siswa kelas XII dan XI, Bapak/Ibu guru, pegawai dari instansi terdekat, dan masyarakat sekitar Smansi. Para pendonor harus melalui tes kesehatan sebagai persyaratan, sebelum dinyatakan lolos sebagai pendonor. Pendonor harus memenuhi berbagai syarat yaitu:

  1. Usia 17-50 tahun
  2. Berat badan minimal 50 kg
  3. Tidak sedang haid
  4. Tekanan darah sistole 100-150 dan diastole 70-90
  5. Kadar hemoglobin 12,5 g/dL-15 g/dL
Pengecekan kesehatan peserta donor darah

Kegiatan ini bertujuan bertujuan untuk menggungah kesadaran masyarakat akan pentingnya kepedulian terhadap sesama, menumbuhkan jiwa rela berkonban  dan sikap sosial dalam kehidupan bermasyarakat, serta mewujudkan rasa solidaritas terhadap sesama. Manfaat donor darah adalah dapat membantu sesama manusia yang membutuhkan transfusi darah. Selain itu, tubuh Pendonor menjadi lebih sehat karena sel-sel darah darah di dalam tubuh menjadi lebih cepat terganti dengan yang baru. Oleh karena itu, untuk memulihkan stamina pendonor mendapat obat-obatan dan kolak kacang hijau. Ada juga parcel, gantungan kunci, dan stiker sebagai tanda terima kasih telah ikut serta dalam kegiatan donor darah Smansi (akmalul, yuana)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *