LDKS MPK/OSIS Periode 2023/2024

Sebagai langkah untuk mencetak pemimpin-pemimpin baru yang dapat mengemban tanggung jawab dan melaksanakan program kerja dengan baik, MPK/OSIS SMA Negeri 1 Sidayu melaksanakan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS). LDKS tahun ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sidayu selama dua hari, yaitu 20—21 Oktober 2023.

LDKS adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh MPK/OSIS SMA Negeri 1 Sidayu setelah terbentuknya kepengurusan yang baru. Kegiatan ini dibuka oleh kepala sekolah, Bapak Drs. Tohir, M.M. di aula SMA Negeri 1 Sidayu. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan LDKS adalah langkah awal pengurus MPK/OSIS untuk menjadi pengurus sekaligus sebagai pemimpin di bidangnya masing-masing.

Dalam kegiatan ini peserta LDKS dibekali dengan beberapa materi. Pada hari pertama mereka mendapat materi leadership and teamwork, program kerja, proposal, dan laporan pertanggungjawaban. Selain mendapat materi fotografi, mereka juga melakukan senam dan beberapa permainan pada hari kedua.

Materi pertama adalah leadership and teamwork yang disampaikan oleh Bapak Abu Bakri.  Dalam materi ini dibahas macam-macam model kepemimpinan dan ciri pemimpin pelajar pancasila. Materi kedua adalah program kerja. Materi yang disampaikan oleh Bapak Ahmad Abudin. Pada sesi ini peserta membuat program kerja. Program kerja yang tersusun disampaikan dalam forum kemudian dievaluasi. Hasil evaluasi program kerja ini akan menjadi program kerja MPK/OSIS SMA Negeri 1 Sidayu periode 2023/2024. Selanjutnya, materi proposal dan laporan pertanggungjawaban disampaikan oleh Bapak Ahmad Jafar. Materi fotografi disampaikan oleh Bapak Mukharom pada hari kedua.

Hari kedua LDKS lebih didominasi pada kegiatan permainan. Kegiatan diawali dengan senam pagi. Selanjutnya outbound, permainan pertama adalah gelas di atas sarung. Dalam permainan ini peserta dilatih teamwork. Permainan kedua adalah mengeluarkan bola dalam pipa bocor. Permainan ini menuntut kerja sama tim dalam menghadapi tantangan yang akan mereka hadapi.

Kegiatan LDKS diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada tim terbaik. LDKS ditutup oleh Bapak Akmalul Hakim. Dalam sambutannya beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas partisipasi dan antusias peserta dalam menjalani LDKS.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *